UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SD NEGERI 173119 PEANAJAGAR TAPANULI UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SAGALA, TIOMARNI, 1405030479 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SD NEGERI 173119 PEANAJAGAR TAPANULI UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (547kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama yaitu 2 x 35 menit. Waktu penelitian siklus I dilaksanakan pada 31 Januari 2017 dan siklus II pada 04 Februari 2017. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Keputusan Bersama. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada Siklus I diperoleh hasil pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan nilai 59,5% dengan kategori cukup, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu dengan nilai 67,5 dengan kategori cukup. Berdasarkan KKM yang ditetapkan yaitu 70, Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh secara individu, siswa yang tuntas 19 orang dan yang tidak tuntas 7 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 73,08% dan yang tidak tuntas 26,92%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu 69,69. Hasil belajar siswa siklus I belum maksimal, dengan demikian maka dilanjutkan siklus berikutnya. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan nilai 73,8% dengan kategori baik, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu dengan nilai 82,5 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh secara individu, siswa yang tuntas 23 orang dan yang tidak tuntas 3 orang, . Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 88,46% dan yang tidak tuntas 11,54%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus II yaitu 79,53. Dengan demikian dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama di kelas V SD Negeri 173119 Peanajagar Tapanuli Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model NHT
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorTina Sheba Cornelia, M.PdNIDN.0120058705UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 04:00
Last Modified: 14 Apr 2020 09:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item