UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040570 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017

TARIGAN, FLOREN CRISTIANI BR, 1305030137 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040570 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (690kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (153kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi Sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga, Tahun Ajaran 2016/2017. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 040570 Tigabinanga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga T.A 2016/2017. Objek dalam penelitian ini adalah mata pelajaran IPA materi Sumber daya alam. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes essay dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 59,9% (cukup) dan pada siklus II yaitu 71,3% (baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada silkus I, 68 (cukup) dan pada siklus II, 80 (baik). Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu hanya 20 orang siswa yang tuntas belajar (62,5%) dan 12 orang siswa yang tidak tuntas belajar (37,5%) dengan nilai rata-rata 62,38. Pada siklus II sebanyak 28 orang siswa yang tuntas belajar (87,5%) dan 4 orang siswa yang tidak tuntas belajar (12,5%) dengan nilai rata-rata 71,56. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA dalam materi Sumber daya alam telah mencapai kategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick Model, Natural Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorRinci Simbolon, S.Pd., M.PdNIDN.0121118703UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 04:04
Last Modified: 14 Apr 2020 09:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item