UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI PANAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101857 GUNUNG RINTIH TAHUN AJARAN 2016/2017

GINTING, ANNA YOVITA BR, 1305030066 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI PANAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101857 GUNUNG RINTIH TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (643kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas IV SD Negeri 101857 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101857 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101857 Gunung Rintih yang berjumlah 26 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah menggunakan metode Demonstrasi Di Kelas IV SD Negeri 101857 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Medan 2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essai. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 58,58% (kategori cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 67,8% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 56,36 (kategori cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 86,63 (kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 17 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 9 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 23 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 65,38% dan untuk Siklus II yaitu 88,46%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 65,77 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 78,39. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada mata pelajaran IPA dengan materi sumber energi panas di kelas IV SD Negeri 101857 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science Learning Outcomes, Method of Demonstration
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorRita Herlina Perangin-angin, S.PdNIDN.0129078503UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 04:09
Last Modified: 14 Apr 2020 09:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item