MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 066048 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

MANURUNG, YULIANA, 1305030014 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 066048 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (148kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pelaksanaan pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode latihan. Penelitian di laksanakan pada tanggal 16 januari 2017 di SD Negeri 066048 Medan, yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang, dan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan metode latihan pada siswa kelas IV SD Negeri 066048 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan tes. Pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus dengan alokasi waktu 2 × 35 menit. Hasil observasi aktivitas guru Siklus I dengan persentase 59,52% berkategori cukup, siklus II dengan persentase 65,83% yang termasuk dalam kategori baik, hasil aktivitas siswa siklus I nilai 68 berkategori cukup, siklus II dengan nilai 76 yang termasuk dalam kategori baik, ketuntasan individu siklus I terdapat 18 siswa yang tuntas dengan persentase 69,23% sedangkan pada siklus II 23 siswa yang tuntas dengan persentase 88,46%. Rata-rata siklus I 64,55% , siklus II 75,48. Peningkatan persentase aktivitas guru 10,60%, aktivitas siswa 11,76 %, dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa siklus I dan II mencapai 16,97 %. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunkan metode latihan pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas IV berkategori baik. (2) Hasil belajar Siswa meningkat setelah menggunkan metode latihan pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcome, Exercise Method, Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 04:13
Last Modified: 14 Apr 2020 09:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item