MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064033 MEDAN T.A 2016/2017

SIMBOLON, LEPRYATI, 1305030710 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064033 MEDAN T.A 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas di kelas IV. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 064033 Medan pada Tanggal 9 Februari dan 15 Februari 2017. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 16 siswa lakilaki. Objek penelitian adalah penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas di kelas IV SD Negeri 064033 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes berbentuk essay yang dibatasi ranah kognitif C1 dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individual, ketuntasan klasikal, dan ratarata hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningktan 16,33% dari nilai 60% menjadi 70,1%, aktivitas siswa meningkat 25% dari nilai 64 menjadi 84 secara klasikal meningkat 31,25% dari nilai 70,33% menjadi 87,50% yang tuntas, dan rata-rata meningkat 9,63% dari nilai 69,75 menjadi 76,625. Berdsarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas di kelas IV SD Negeri 064033 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Result Learning, Method Demonstration
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 04:27
Last Modified: 14 Apr 2020 09:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item