SIMBOLON, LEPRYATI, 1305030710 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064033 MEDAN T.A 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (353kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (211kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas di kelas IV. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 064033 Medan pada Tanggal 9 Februari dan 15 Februari 2017. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 16 siswa lakilaki. Objek penelitian adalah penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas di kelas IV SD Negeri 064033 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes berbentuk essay yang dibatasi ranah kognitif C1 dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individual, ketuntasan klasikal, dan ratarata hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningktan 16,33% dari nilai 60% menjadi 70,1%, aktivitas siswa meningkat 25% dari nilai 64 menjadi 84 secara klasikal meningkat 31,25% dari nilai 70,33% menjadi 87,50% yang tuntas, dan rata-rata meningkat 9,63% dari nilai 69,75 menjadi 76,625. Berdsarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas di kelas IV SD Negeri 064033 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Result Learning, Method Demonstration | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2020 04:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2020 09:31 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/591 |
Actions (login required)
View Item |