MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SAGALA, MARTINA, 1405030593 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (582kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (282kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Teknologi Transportasi di Kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 060937 Medan Johor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor yang berjumlah 29 orang dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Media Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teknologi Transportasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan pilihan berganda. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I yang dilaksanakan pada tanggal 10 Februauri 2016 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2016. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 59,7 dengan kategori cukup, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu 58 dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu sesuai KKM yaitu 65, siswa yang tuntas 22 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 7 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 75,8% dan yang tidak tuntas 24,1%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 65,5. Hasil belajar siswa pada siklus I belum maksimal, dengan demikian maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 82,5% dengan kategori baik, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu 76 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu siswa yang tuntas 25 orang dan siswa yang tidak tuntas 4 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 86% dan yang tidak tuntas 14%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 76,5%. Dengan demikian dari hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual pada mata pelajaran IPS materi teknologi transportasi di kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Media Audio Visual, IPS
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorPindo Hutauruk, S.Pd., M.PdNIDN.0124018701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 04:37
Last Modified: 14 Apr 2020 09:34
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item