UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD N. 034788 SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI T.P 2016/2017

TARIGAN, FRISKA, 1405030123 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD N. 034788 SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI T.P 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (577kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (153kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada mata pelajaran IPA materi Daur Hidup Hewan di kelas IV SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi sebanyak 33 orang. Yang menjadi objek penelitian adalah model pembelajaran Picture And Picture dalam pelajaran IPA dengan materi Daur Hidup Hewan di kelas IV SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi T.P 2016/2017. Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalah Observasi dan Tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh nilai 59,70 % atau berkategori cukup. Observasi guru pada siklus II memperoleh 73,30 % atau berkategori baik. Observasi aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai 68,89 atau berkategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai 80 atau berkategori baik. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 23 siswa (69,69%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 10 siswa (31,31%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 66,96. Dari hasil analisis data pada siklus II diperoleh 29 siswa (87,88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 4 siswa (12,12%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 76,96. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada pelajaran IPA di materi Daur Hidup Hewan di kelas IV SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi T.P 2016/2017 berkategori baik dan hasil belajar IPA meningkat setelah menggunakan model Picture And Picture pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture Learning Model, Learning Outcomes of Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 04:43
Last Modified: 14 Apr 2020 09:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item