MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD N 105267 SEI MENCIRIM T.P 2016/2017

RACHMAN, YENNI HARTATI, 1405030633 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD N 105267 SEI MENCIRIM T.P 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (890kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (783kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe STAD pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.P 2016/2017 dan untuk mengetahui apakah pengunaan model pembelajaran Cooperative tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.P 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Cooperative tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.P 2016/2017 sebanyak 30 siswa, laki-laki 18 orang dan perempuan 12 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative tipe STAD dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Dampak Peristiwa Alam, dan alat pengumpulan data menggunakan Lembar observasi dan tes dalam bentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian pada Siklus II aktivitas guru diperoleh 68,9% (kategori baik), dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yang diperoleh 80 (kategori baik), dan untuk hasil belajar diperoleh dari 30 siswa terdapat 26 (86,7%) siswa yang tuntas belajarnya serta 4 (13,3%) siswa yang tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 78,63. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baik dan hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dengan Menggunakaan Model Pembelajaran Cooperative tipe STAD pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim. Hipotesis tindakan sesuai dengan pernyataan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Cooperative tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Dampak Peristiwa Alam di kelasa V SD Negeri 105267 Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model STAD Type
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 01:59
Last Modified: 07 Apr 2020 01:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item