MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SIMANJUNTAK, LUKITA LIDIANTI, 1305030019 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (970kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (787kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar pada tanggal 13 Januari 2017, yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV-B yang berjumlah 32 orang dan yang menjadi objek penelitian adalah penggunaan metode demonstrasi pada siswa kelas IV-B SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan tes berbentuk essay. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi pada siklus I hasil observasi guru 59% dan observasi siswa adalah 68 dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 23 orang siswa yang tuntas (71,9%) dan 9 orang siswa yang tidak tuntas (28,1%) dengan hasil nilai rata-rata siklus I sebesar 67,54. Sedangkan pada siklus II hasil observasi guru 69,8% dan observasi siswa adalah 76 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 28 orang siswa yang tuntas (87,5%) dan 4 orang siswa yang tidak tuntas (12,5%) dengan hasil nilai rata-rata siklus II sebesar 74,68. Dari data siklus I dan siklus II peningkatan hasil observasi guru diperoleh 18,30% dan observasi siswa sebesar 11,76%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II sebesar 21,69% dan peningkatan hasil nilai rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 10,57%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi gaya sub materi pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV-B.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration, Method, Force
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorJan Bobby N Barus, M.PdNIDN.UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:02
Last Modified: 14 Apr 2020 09:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item