UPAYA MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS III SD NEGERI 060972 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

SEMBIRING, EMENDA PINTANTA, 1305030170 (2017) UPAYA MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS III SD NEGERI 060972 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (854kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (708kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model kooperatif tipe Talking Stick pada materi jenis-jenis pekerjaan dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah 26 orang siswa yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Januari 2017 sampai bulan Februari 2017. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research )dan dilaksanakan selam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi/evaluasi. Teknik pengimpul data yang digunakan tes dan observasi. Hasil penelitin menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada siklus I mencapai 59,27% dan aktivitas siswa 68 dengan kategori cukup. Pada siklus II pelaksanaan aktivitas guru meningkat menjadi 68,09% dan aktivitas siswa 86 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus diperoleh 69,23% dan meningkat pada siklus II 88,46%. Sedangkan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I dari 26 orang siswa sebesar 62,73 meningkat pada siklus II menjadi 72,57. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi jenis-jenis pekerjaan di kelas III SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model koopreratif tipe talking stick dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Result Learning, The Type Cooperative Talking Stick Method
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorTina Sheba Cornelia, M.PdNIDN.0120058705UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:07
Last Modified: 14 Apr 2020 09:40
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item