MELIALA, ANNIA CARERA BR, 1305030168 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIS PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 047162 SUKA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (710kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (14MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (787kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Team Quis dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 047162 Suka Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Team Quis pada mata pelajaran IPA. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essay. Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 59% (kategori cukup) dan pada siklus II diperoleh sebesar 73,9% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai sebesar 66 (kategori cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 86 (kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara individu yaitu 22 orang siswa yang tuntas dan 12 orang siswa yang tidak tuntas sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 30 orang siswa yang tuntas dan 4 orang siswa yang tidak tuntas. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 64,70 % dan untuk siklus II yaitu 88,23 %. Nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 63,33dan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 73,80. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Team Quis pada mata pelajaran IPA dengan materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 047162 Suka Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning outcomes, Learning Model of Team Quis | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2020 02:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2020 09:41 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/601 |
Actions (login required)
View Item |