UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIS PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 047162 SUKA TAHUN AJARAN 2016/2017

MELIALA, ANNIA CARERA BR, 1305030168 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIS PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 047162 SUKA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (710kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (787kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Team Quis dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 047162 Suka Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Team Quis pada mata pelajaran IPA. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essay. Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 59% (kategori cukup) dan pada siklus II diperoleh sebesar 73,9% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai sebesar 66 (kategori cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 86 (kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara individu yaitu 22 orang siswa yang tuntas dan 12 orang siswa yang tidak tuntas sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 30 orang siswa yang tuntas dan 4 orang siswa yang tidak tuntas. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 64,70 % dan untuk siklus II yaitu 88,23 %. Nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 63,33dan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 73,80. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Team Quis pada mata pelajaran IPA dengan materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 047162 Suka Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Learning Model of Team Quis
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:12
Last Modified: 14 Apr 2020 09:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item