MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA BIDANG STUDI IPA DIKELAS V SD NEGERI 050626 BEKANCAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MARTINA, SRI, 1405030586 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA BIDANG STUDI IPA DIKELAS V SD NEGERI 050626 BEKANCAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (779kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together), untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) pada siswa kelas V SD Negeri 050626 Bekancan Tahun Pelajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 050626 Bekancan, dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 32 orang objek penelitian ini penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan Proses Pembentukan dan Jenis-jenis Tanah. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi siswa dan tes. Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada Siklus I dengan persentase 59,7% sedangkan siswa 68 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil belajar tes pada Siklus I dari 32 siswa terdapat 23 siswa yang tuntas belajar dengan presentase 71,88%, sedangkan yang tidak tuntas belajar 9 siswa dengan persentase 28,13% diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 69,38. Hasil belajar siswa Siklus I belum maksimal, maka dilanjutkan ke Siklus II. Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru Siklus II 68,9% sedangkan aktivitas siswa 82 dengan kategori baik. Dari 32 siswa terdapat 28 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 87,5% sedangkan yang belum tuntas belajar ada 4 siswa dengan persentase 12,5%, maka diperoleh nilai rata-rata 79,38. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) pokok bahasan Proses Pembentukan dan Jenisjenis Tanah pada siswa kelas V SD Negeri 050626 Bekancan Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Results Learning, Cooperative Learning Model NHT
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorJuniko Esra Tarigan, M.PdNIP.UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:20
Last Modified: 14 Apr 2020 09:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item