UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 034788 SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI T.P. 2016/2017

GINTING, PEBRIANI, 1405030125 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 034788 SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI T.P. 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (813kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (506kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams-Achievement Divisions) pada mata pelajaran IPA. materi Struktur Akar Tumbuhan Dengan Fungsinyadi kelas V SD Negeri No.No. 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di SD NegeriNo. 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No.No. 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi sebanyak 32 orang. Yang menjadi objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pelajaran IPA dengan materi Struktur Akar Tumbuhan Dengan Fungsinya di kelas V SD Negeri No. 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2016/2017. Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalah Observasi dan Tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh nilai 59,5 % atau berkategori cukup. Observasi guru pada siklus II memperoleh 70,2% atau berkategori baik. Observasi aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai 68 atau berkategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai 82 atau berkategori baik.Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 22 siswa (68,75%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 10 siswa (31,25%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 65,62. Dari hasil analisis data pada siklus II diperoleh 28 siswa (87,50%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 4 siswa (12,50%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 76,56. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran IPA dimateri Struktur Akar Tumbuhan Dengan Fungsinyadi kelas V SD Negeri No. 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2016/2017 berkategori baik dan hasil belajar IPA meningkat setelah menggunakan model STAD pada pelajaran IPA di kelas V SD No. 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD Type Co-operative Learning Model, Learning Outcomes of Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:25
Last Modified: 14 Apr 2020 09:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item