BAKKARA, CHRYSTIN ADELINA, 1305030134 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 060856 PERJUANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (878kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (15MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (789kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Make a Match dan meningkatkan hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 060856 Perjuangan. Hal ini didasari atas kesulitan siswa pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060856 Perjuangan yang jumlah siswa 25 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 9 dan 22 Februari 2017. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Make a Match pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam di kelas V. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dengan waktu yang sama, yaitu 2×35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan analisis penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa meningkat. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata dari 25 siswa mencapai 69,77 dan jumlah siswa yang tuntas sesuai KKM berjumlah 17 0rang atau 68,00% sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 8 orang atau 32%. Karena jumlah siswa belum tuntas secara klasikal maka dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Kemudian pada siklus II dari jumlah 25 siswa diperoleh jumlah siswa yang tuntas berjumlah 22 orang atau 88% sedangkan yang tidak tuntas 3 orang atau 12%. Dengan nilai rata-rata 75,11. Dari hasil analisis data dsimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Make a Match pada mata pelajaran IPA pada mata pelajaran Peristiwa Alam meningkat.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Oucomes, Make a Match Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2020 03:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2020 09:47 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/605 |
Actions (login required)
View Item |