MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 060856 PERJUANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BAKKARA, CHRYSTIN ADELINA, 1305030134 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 060856 PERJUANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (878kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (789kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Make a Match dan meningkatkan hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 060856 Perjuangan. Hal ini didasari atas kesulitan siswa pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060856 Perjuangan yang jumlah siswa 25 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 9 dan 22 Februari 2017. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Make a Match pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam di kelas V. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dengan waktu yang sama, yaitu 2×35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan analisis penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa meningkat. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata dari 25 siswa mencapai 69,77 dan jumlah siswa yang tuntas sesuai KKM berjumlah 17 0rang atau 68,00% sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 8 orang atau 32%. Karena jumlah siswa belum tuntas secara klasikal maka dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Kemudian pada siklus II dari jumlah 25 siswa diperoleh jumlah siswa yang tuntas berjumlah 22 orang atau 88% sedangkan yang tidak tuntas 3 orang atau 12%. Dengan nilai rata-rata 75,11. Dari hasil analisis data dsimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Make a Match pada mata pelajaran IPA pada mata pelajaran Peristiwa Alam meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Oucomes, Make a Match Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Rakiyah, S.Pd., M.HumNIDN.0110058507UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:14
Last Modified: 14 Apr 2020 09:47
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item