UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWNING DI KELAS IV SD NEGERI 060886 PADANG BULAN PASAR II MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

SIAHAAN, JOY PRIMA, 1405030369 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWNING DI KELAS IV SD NEGERI 060886 PADANG BULAN PASAR II MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (956kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (786kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwning. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 060886 Medan, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwning pada siswa kelas IV SD Negeri 060886 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes essai yang dibatasi pada jenjang koqnitif C1 dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data siklus 1,observasi aktivitas guru masih cukup dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 20 orang siswa atau58,82% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 14 orang siswa atau 41,18%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa belum tuntas secara klasikal atau suatu kelas dinyatakan tuntas secara klasikal jika dalam kelas tersebut terdapat 85% siswa yang tuntas belajar. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa memperoleh kategori baik. Siswa yang tuntas individu sebanyak 29 atau 85,29% orang siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 atau 14,71% orang siswa. Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa yaitu 66,35% dan rata-rata hasil belajar siklus II yaitu 88.82%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwning pada materi perkembangan teknologi transportasi di Kelas IV SD Negeri 060886 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Achievement, Snowball Throwning Teaching Model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Jainab, M.PdNIP.UNSPECIFIED
Thesis advisorJuwita Tindaon, M.PdNIP.UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:18
Last Modified: 14 Apr 2020 09:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item