UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 064022 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

TARIGAN, WIKA LENTARI, 1305030127 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 064022 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (853kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (895kB)

Abstract

ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran snowball throwing pada materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia dan untuk mengetahui apakah penggunaan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 064022 Simalingkar B Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 28 orang siswa,sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas V SD Negeri 064022 Simalingkar B Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Waktu penelitian dilaksanakan dari tanggal 16-31 Januari 2017. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada siklus I mencapai 59,20% dan aktivitas siswa 68 dengan kategori cukup. Pada siklus II pelaksanaan aktivitas guru meningkat menjadi 70,50% dan aktivitas siswa 86 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I diperoleh 67,85% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,71%. Sedangkan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I dari 28 orang siswa sebesar 65,57% meningkat pada siklus II menjadi 71,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesiadi elas V SD Negeri 064022 Simalingkar B Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model snowball throwing dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Result, Snowball Throwing
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.PdNIP.196106011988012001UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, S.Pd., M.PdNIDN.0124018701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:27
Last Modified: 14 Apr 2020 09:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item