MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064033 TAHUN AJARAN 2016/2017

PADANG, IRAWATI, 1305030709 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064033 TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (956kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dan lingkungan. Subjek dalam penelitian adalah siswa Kelas IV SD Negeri 064033 Medan yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 17 orang dan perempuan 7 orang. Sedangkan objek penelitian adalah pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT).Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 23 Februari dan 29 April 2017. Dan dilaksanakan 2 siklus dengan waktu yang sama, yaitu 2x35 menit. Setiap siklus terdiri dari dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yang digunakan adalah observasi dan tes. Dari hasil analisis data, diperoleh hasil observasi aktivitas guru meningkat dari Siklus Idengan nilai55,9% menjadi 74,1% pada Siklus II, hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa meningkat, pada siklus I dengan nilai 64menjadi84 pada Siklus II, hasil ketuntasan siswa secara individu meningkat Siklus I hanya 16 menjadi 21 orang yang tuntas pada Siklus II dan ketuntasan klasikal meningkat dari 66,67% menjadi 87,5% pada Siklus II dan nilai rata-rata yang diperoleh Siklus I yaitu 66,33meningkat pada Siklus II menjadi 72,67 Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Di Kelas IV Sd Negeri 064033 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Results Learning, Cooperative Learning Model Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:30
Last Modified: 07 Apr 2020 03:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item