PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN VOLUME DI KELAS V SD GALILEA HOSANA MEDAN SELAYANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BARASA, IVARAHAYU, 1405030476 (2017) PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN VOLUME DI KELAS V SD GALILEA HOSANA MEDAN SELAYANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.PDF
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (788kB)
[img] Text
BAB I.PDF
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.PDF
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.PDF
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (733kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Tutor Sebaya dan meningkatkan hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Lokasi penelitian ini adalah SD Galilea Hosana Medan Selayang. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Galilea Hosana Medan Selayang, yang jumlah siswa 28 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 9 Mei dan 12 Mei 2017. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pengukuran Volume Balok di Kelas V SD Galilea Hosana Medan Selayang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dengan waktu yang sama, yaitu 2x35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh data siklus I dan siklus II yaitu Observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 57,8% (cukup) sedangkan siklus II memperoleh 78,0% (baik). Observasi aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai 66 (cukup) dan siklus II memperoleh nilai 76 (baik). Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu, pada siklus I diperoleh 19 siswa dengan persentase 67,85% yang telah mencapai ketuntasan belajar,dan 9 siswa dengan persentase 32,14% yang belum mencapai ketuntasan belajar, siklus II diperoleh 24 siswa dengan persentase 85,71% yang telah mencapai ketuntasan belajar, 4 siswa dengan persentase 14,28% siswa yang belum tuntas belajar, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I 66,60 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus II 76,24%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal, pada siklus I dan siklus II diperoleh 26,85% yang telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, dan nilai rata-rata siklus I dan siklus II diperoleh 14,47%. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Tutor Sebaya berkategori baik dan hasil belajarnya meningkat pada mata pelajaran Matematika materi pengukuran volume Balok di kelas V SD Galilea Hosana Medan Selayang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning,Ability, Learning Method Teachers Learning Outcomes Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Tutiarny Naibaho, M.PdNIP.196803061992032003UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H.Harahap, M.PdNIDN.0114078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:35
Last Modified: 14 Apr 2020 09:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item