MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN STRATEGI DRTA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD PARULIAN 3 MEDAN AMPLAS TAHUN AJARAN 2016/2017

SIBURIAN, MONA HARDIKA, 1405030122 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN STRATEGI DRTA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD PARULIAN 3 MEDAN AMPLAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (859kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (820kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar dan kemampuan membaca siswa setelah menggunakan strategi DRTA (Direct Reading Thinking Activity) serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca intensif di kelas V SD Parulian 3 Medan Amplas Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Parulian 3 Medan Amplas yang siswanya berjumlah 27 orang siswa terdiri dari 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan waktu pelaksanaan dalam I siklus adalah 2 x 35 menit, tanggal dilaksanakannnya penelitian ini adalah 27 Januari 2017 dan 2 Februari 2017 . Objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran pada materi membaca intensif dengan menggunakan strategi DRTA (Direct Reading Thinking Activity). Tehnik penggumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes . Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 69,26, siswa yang tuntas sesuai KKM sebanyak 20 siswa atau 74,07%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa atau 25,93% dari 27 orang jumlah siswa. hasil belajar siswa secara secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 75,19, siswa yang tuntas sesuai KKM sebanyak 23 siswa atau 85,19%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa atau 14,81% dari 27 orang jumlah siswa. Dengan demikian dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi DRTA (Direct Reading Thinking Activity) dapat meningkatkan hasilbelajar dan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman di kelas V SD Parulian 3 Medan Amplas Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes And Strategies Reading Thinking Activity
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:41
Last Modified: 07 Apr 2020 03:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item