UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 101846 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2016/2017

KETAREN, MENDA SARI BR, 1405030412 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 101846 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (852kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (705kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS di kelas III SD Negeri 101846 yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III berjumlah 25orang,sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan Mengunakan Media Audio Visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dengan pokok bahasan Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah dan Sekolah. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan berganda yang dibatasi pada jenjang kongnitif C1 dan C2.Analisis data yang digunakan adalah hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar. Dari hasil analisis data yang diperoleh hasil I dan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I 15 orang siswa yang tuntas belajar (60%) dan 10 orang siswa yang tidak tuntas belajar (40%). Pada siklus II 22 orang siswa yang yang tuntas belajar (88%) dan 3 orang siswa yang tidak tuntas belajar (12%). Untuk pelaksanaan pembelajaran diperoleh peningkatan dimana jumlah observasi aktivitas guru pada siklus I (60%) dan pada siklus II (80%), aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 68% dan pada siklus II 80%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Negeri 101846 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Media Audio Visual
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:46
Last Modified: 16 Apr 2020 01:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item