MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2016/2017

PARDEDE, DESY ASTRYA, 1305030316 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (898kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (982kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (705kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Word Square. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2017 di SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A yang berjumlah 28 orang, dan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan model Word Square pada siswa kelas III-A SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan tes berbentuk essay. Pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus, dengan hasil observasi aktifitas guru pada siklus I 59 dan observasi siswa 68% dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 17 orang siswa yang tuntas (60,71%) dan 11 orang siswa yang tidak tuntas (39,29%) dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 63. Sedangkan, pada siklus II, hasil observasi guru 69,8 dan hasil observasi siswa 76% kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa 25 siswa yang tuntas belajarnya (89,29%) dan 3 siswa yang tidak tuntas belajarnya (10,71%) dengan nilai rata-rata 73,97. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Word Square pada mata pelajaran IPS materi Jenis-jenis Pekerjaan di kelas III berkategori baik. Hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model Word Square pada mata pelajaran IPS materi Jenis-jenis pekerjaan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, World Square Learning Model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorJanwar Frihasan Sinuraya, M.PdNIDN.UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:50
Last Modified: 16 Apr 2020 01:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item