POHAN, SITI HARTINA, 1405030124 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD N 034788 SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI T.P 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (724kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (364kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi TP. 2016/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 034788 Sidikalang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 15siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Sebagai objek adalah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi TP. 2016/2017. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2×35 menit. Hasil akhir dari penelitian diperoleh hasil deskripsi aktivitas guru dan siswa berkategori baik karena deskripsi aktivitas guru mencapai 72,1% sedangkan hasil deskripsi aktivitas observasi siswa mencapai 82,2 serta siswa yang tuntas secara individu 28 orang, secara klasikal 87,5% dan rata – rata 76,56. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA dengan pokok bahasan sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi TP. 2016/2017 telah berkatagori baik dan hasil belajar meningkat.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Results, Methods Demonstration |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] |
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 03:55 |
Last Modified: | 07 Apr 2020 03:55 |
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/614 |
Actions (login required)
View Item |