MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD N 034788 SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI T.P 2016/2017

POHAN, SITI HARTINA, 1405030124 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD N 034788 SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI T.P 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (724kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (364kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi TP. 2016/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 034788 Sidikalang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 15siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Sebagai objek adalah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi TP. 2016/2017. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2×35 menit. Hasil akhir dari penelitian diperoleh hasil deskripsi aktivitas guru dan siswa berkategori baik karena deskripsi aktivitas guru mencapai 72,1% sedangkan hasil deskripsi aktivitas observasi siswa mencapai 82,2 serta siswa yang tuntas secara individu 28 orang, secara klasikal 87,5% dan rata – rata 76,56. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA dengan pokok bahasan sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 034788 Sidikalang Kabupaten Dairi TP. 2016/2017 telah berkatagori baik dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Results, Methods Demonstration
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:55
Last Modified: 07 Apr 2020 03:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item