GINTING, ITA PURNAMA SARI BR, 1305030153 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (790kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (438kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dengan materi Sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 060891 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060891 Medan, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Medan Medan, dengan jumlah siswa 26 orang dan objek penelitian penggunaan metode dramatisasi pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru (59,8%) dan siswa (64) pada siklus I masih cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 18 siswa dan 8 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 68,46. Presentase klasikal sebesar 69,23%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baik dengan nilai (64,7%) meningkat (4,9%), sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baik dengan nilai (82) meningkat (18). Siswa yang tuntas individu sebanyak 23 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan nilai rata-rata (79,23) meningkat (10,77%). Persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,46% dan meningkat (19,23%). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060891 Medan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Learning Outcomes, Experimental Method | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2020 03:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2020 01:30 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/615 |
Actions (login required)
View Item |