UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE LATIHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 106180 TANJUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RAHMAYANA, RIZKY, 1505030453 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE LATIHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 106180 TANJUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (853kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena metode latihan lebih menekankan pada keaktifan siswa untuk mengembangkan potensi secara maksimal. Beberapa kajian teori tentang metode latihan menurut Djamarah dan Zain (2012:95), Sagala (2009:217) dan Roestiyah (2008:1250 dapat disimpulkan bahwa metode latihan adalah suatu cara mengajar untuk memperoleh ketepatan dan ketangkasan siswa dalam menjawab latihan yang diberikan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106180 Tanjung Baru Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 orang siswa. Pelaksanaan Tindakan Kelas dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui hasil observasi siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan siklus II, peneliti terlebih dahulu memberikan pre tes untuk mengetahui kesulitan dalam menyelesaikan soal sifat- sifat bangun ruang kemudian di akhir siklus I dan siklus II diberikan post tes I dan post tes II. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai pre tes dari 28 siswa terdapat 8 siswa (28.57%) memperoleh tuntas belajar dan 20 siswa (71.42%) yang belum tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus I terdapat 12 siswa (42.85%) yang dinyatakan tuntas belajar dan 16 siswa (57.14%) yang belum tuntas dalam pembelajaran. Sedangkan pada siklus II 26 siswa (92.85%) yang dinyatakan tuntas belajar dan 2 siswa (7.14%) dinyatakan belum tuntas dalam pembelajaran. Dengan demikian secara klasikal maka dapat dikatakan terdapat 92.85% siswa mengalami ketuntasan dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 106180 Tanjung Baru Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Exercise Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:04
Last Modified: 16 Apr 2020 01:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item