MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060855 PERJUANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SEBAYANG, LINDA FITRIANI BR, 1305030047 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060855 PERJUANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (713kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060855 Perjuangan, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 28 orang. Sedangkan objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi ketergantungan antar makhluk hidup di kelas IV SD Negeri 060855 Perjuangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes essay yang dibatasi pada ranah kognitif C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 27,94% dari nilai 58,55% menjadi 74,91%. Aktivitas siswa meningkat 29,41% dari nilai 68 menjadi 88, ketuntasan hasil belajar telah tuntas secara klasikal meningkat 19,99% dari 71,43% menjadi 85,71% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 5,31% dari 77,05 menjadi 81,14. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, dan (2) Hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada materi ketergantungan antar makhluk hidup di kelas IV SD Negeri 060855 Perjuangan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Results Learning, Learning Model of Numbered Heads Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:11
Last Modified: 16 Apr 2020 01:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item