MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

SEBAYANG, ELVI MONIKA BR, 1305030150 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (792kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (434kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA dengan materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 060891 Medan, Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060891 Medan, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Medan, dengan jumlah siswa 24 orang dan objek penelitian penggunaan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru (59,6%) dansiswa(62) padasiklus I masih cukup. Siswayang tuntas individu sebanyak 17siswa dan 7 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 69,17%. Presentase klasikal sebesar 70,83%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baikdengannilai (70,4%) meningkat (10,8%), sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baikdengannilai (80) meningkat (18). Siswayang tuntas individu sebanyak 21 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan nilai rata-rata (77,91) meningkat (8,74%). Persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5%danmeningkat (16,67%). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 060891 Medan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Think Pair Share Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:18
Last Modified: 16 Apr 2020 01:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item