MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WALL CHART PADA SISWA KELAS VI SDN 107393 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

GINTING, BETRIK, 1605030369 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WALL CHART PADA SISWA KELAS VI SDN 107393 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan tentang rendahnya kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas VI SD Negeri 107303 Binjai. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan Media Wall Chart. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 107303 Binjai pada tanggal 18 Juli 2015 dan 20 Juli 2015. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VI SD Negeri 107303 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Sebagai objek adalah menggunakan media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri 107303 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2 35 menit. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata siswa 66,15 yang tuntas sesuai nilai KKM sebanyak 10 siswa dengan persentase 43,47%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 13 orang siswa dengan persentase 56,52% dari 23 siswa, karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 80,5 yang tuntas sesuai KKM sebanyak 20 siswa dengan persentase 86,95%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 13,03% dari 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Wall Chart dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Penggunaan media ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa di kelas VI SD untuk mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis argumentasi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Ability Of Writing, Argumentation, Wall Chart
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorJoen Parningotan Purba, M.PdNIDN.0107118802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:22
Last Modified: 16 Apr 2020 01:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item