SIMANUNGKALIT, RUKMINI ELYSA, 1405030481 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 173119 PEANAJAGAR TAPANULI UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (889kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (12MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (438kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model Make a Match. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 173119 Peanajagar Tapanuli Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 16 laki- laki dan 8 siswa perempuan. Waktu penelitian siklus I dilaksanakan pada 31 Januari 2017 dan siklus II pada 04 Februari 2017. Kedua penelitian ini dilaksanakan dengan waktu yang sama yaitu 2x35 menit. Objek penelitian ini adalah penggunaan model Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 59,5% berada pada kategori cukup dan hasil observasi aktivitas guru pada siklus II adalah 69,9% berada pada kategori baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 67,5% berkategori cukup dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II adalah 80% berkategori baik. Hasil penelitian pada siklus I terdapat 7 siswa yang tidak tuntas belajar dengan hasil persentase 29,17% dan 17 siswa yang tuntas belajar dengan hasil persentase 70,83% berada pada kategori cukup. Karena hasil belajar siswa secara klasikal belum tuntas maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus II terdapat 3 siswa yang tidak tuntas belajar dengan persentase 12,5% dan 21 siswa yang tuntas belajar dengan hasil persentase 87,5% berada pada kategori baik. Demikian hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 173119 Peanajagar Tapanuli Utara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Model Make a Match | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2020 04:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2020 01:37 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/620 |
Actions (login required)
View Item |