MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 047162 SUKA TAHUN AJARAN 2016/2017

KETAREN, SARTIKA, 1305030061 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 047162 SUKA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (875kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (783kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 107409 Sampecita Tahun Pelajaran 2016/2017.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 68,08, yang tuntas sesuai nilai KKM sebanyak 17 siswa dengan persentase 70,83%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa dengan persentase 29.17% dari 24 siswa, karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 74,75, yang tuntas sesuai KKM sebanyak 21 siswa dengan perentase 87,5%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 12,5% dari 24 siswa. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 107409 Sampecita Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berkatagori baik dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes and Model Inquiry
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorJoen Parningotan Purba, M.PdNIDN.0107118802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:32
Last Modified: 16 Apr 2020 01:40
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item