MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 101843 BANDAR BARU TAHUN AJARAN 2016/2017

NAINGGOLAN, ENDAITA NURISA, 1405030368 (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 101843 BANDAR BARU TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (813kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (778kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 101843 Bandar Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101843 Bandar Baru dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 101843 Bandar Baru yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Pebruari 2017 sampai 25 Pebruari 2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama yaitu 2 x 35 menit. Sebagai objek adalah menggunakan Strategi everyone is a teacher here pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 69,3, yang tuntas sesuai nilai KKM sebanyak 18 siswa dengan persentase 66,7% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa dengan persentase 33,3% dari 27 siswa, karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 77,4, yang tuntas sesuai KKM sebanyak 23 siswa dengan persentase 85,1%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan persentase 14,9% dari 27 siswa. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Strategi everyone is a teacher here pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia telah mencapai kategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat, dari rata-rata siklus I yaitu 69,3 dan rata-rata siklus II mencapai 77,4 meningkat sebesar 11,7 dan Ketuntasan secara klasikal dari siklus I dengan nilai sebesar 60% dan siklus II mencapai 75,8% meningkat sebesar 26,3%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes and Methods Listen Write
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, M.PdNIDN.0110058507UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:43
Last Modified: 16 Apr 2020 01:43
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item