MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD GALILEA HOSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

SIMAMORA, INTAN BERKAT SARI, 1405030494 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD GALILEA HOSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (820kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (830kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demontrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Galilea Hosan Medan. Penelitian dilaksanakan di SD Galilea Hosana Medan, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Galilea Hosan Medan denagnjumlah siswa 28 an orang dan objek penelitian penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi enrgi panas dan perpindahannya. teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru (59,5%) dan siswa (68) pada siklus I masih cukup. Siswa yang tuntas individu sebayak 19 siswa dan 9 siswa yang blum siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa (69,19). Persentase klasikal sebesar 67,86%, sehingga siklus I belum dinyakan tuntas secara kalsikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baik dengan nilai (69.5%) meningkat (16,81%), sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh niali baik dengan nilai (76) meningkat (11,76%). Siswa yang tuntas individu sebaayak 24 siswa dan yang tidak tuntas 4 siswa dengan nilai rata-rata (76,06) meningkat (9,93%). Persentase ketuntasan klasikal sebasar (85,71%) dan meningkat (26,30%). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh telah mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklu II dan siswa secara keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas dan perpindahannya di kelas IV SD Galilea Hosana Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Using Demonstrasion Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 07:08
Last Modified: 16 Apr 2020 01:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item