MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101823 BEKALA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MANDA, MONIKA SRI, 1405030578 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101823 BEKALA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (433kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran IPA dikelas V SD. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 101823 Bekala T.A 2016/2017 yang berjumlah 23 orang dan sebagai objek penelitian ini penggunaan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan siklus air di SD Negeri 101423 Bekala. Observasi ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian tindakan dengan rencana yang telah disusun guna mengetahui sejauh mana pelaksaan tindakan dapat menghasilkan perubahan yang sesuai dengan yang dikehendaki. Observasi siswa dilaksanakan pada proses belajar mengajar, peneliti mengamati tingkah laku siswa dan peneliti yang melaksanakan tindakan kelas dalam proses belajar mengajar. Instrumen yeng digunakan adalah tes esai dan lembar observasi. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan analisis data diperoleh aktivitas guru meningkat 71% dari 60%, sedangkan aktivitas siswa meningkat 76% dari 62%. Ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas siklus I 60,86% sedangkan siklus II 86,95%, dan rata- rata siklus I 67,21% meningkat di siklus II menjadi 78,45%. Dari uraian di atas dapat disimpulkan Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan pokok bahasan siklus air dikelas V SD Negeri 101823 Bekala Tahun.Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Picture and Picture
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Hartono S, M.PdNIP.195706191990031001UNSPECIFIED
Thesis advisorJoen Parningotan Purba, S.Pd., M.PdNIDN.0107118802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 07:18
Last Modified: 16 Apr 2020 01:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item