MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI O60972 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

TIHAJAR, 1305030141 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI O60972 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (793kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (780kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus dan masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (59,80%), dan siklus II (67,10%), dan persentase rata-rata siswa pada siklus I (68,00%), dan siklus II (82,00%), sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 19 orang siswa (67,86%), terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 24 orang siswa (85,71%). Sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (66,35), siklus II (72,21). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Learning Outcomes, Sains
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 07:35
Last Modified: 07 Apr 2020 07:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item