MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DRA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD PARULIAN 1 TELADAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SIMANJUNTAK, ELISABETH ROMAITO, 1405030587 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DRA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD PARULIAN 1 TELADAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (847kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (782kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi membaca pemahaman di kelas V SD Parulian 1 Teladan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan strategi DRA. Penelitian ini dilaksanakan di SD Parulian 1 Teladan Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 25 orang siswa. Dan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi DRA untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes essay. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I yang dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2017 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 07 Februari 2017. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu 60% , sedangkan aktivitas siswa yaitu 68 dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu sesuai dengan KKM yaitu 70, siswa yang tuntas 18 siswa dan siswa yang tidak tuntas 7 siswa. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 72% dan yang tidak tuntas 28%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 68,4. Hasil belajar siswa siklus I belum maksimal, dengan demikian maka dilanjutkan siklus selanjutnya. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru yaitu 77,08%, sedangkan aktivitas siswa diperoleh yaitu 86 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu siswa yang tuntas 22 siswa dan siswa yang tidak tuntas 3 siswa. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 88% dan siswa yang tidak tuntas 12%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 88. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman di kelas V SD Parulian 1 Teladan Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategy DRA (Directed Reading Activity), Language Learning Outcomes Indonesia
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorPindo Hutauruk, S.Pd., M.PdNIDN.0124018701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 08:36
Last Modified: 16 Apr 2020 01:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item