MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD 060895 PADANG BULAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MARBUN, SUSRI, 1405030487 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD 060895 PADANG BULAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (699kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (339kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA materi perpindahan energy panas di kelas V SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA dengan materi jenis-jenis tanah di kelas V SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060895 P. Bulan Medan yang berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA dengan materi jenis-jenis tanah dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal test dalam bentuk essay. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 57,9% (kategori cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 72,2% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 66 (kategori cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 76 (kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 18 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 24 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 64,29% dan untuk Siklus II yaitu 35,71%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 62,51 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 77,99. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA dengan materi jenis-jenis tanah di kelas V SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Media Picture Learning of Soil Types, Natural Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorRita Herlina Perangin-angin, S.PdNIDN.UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 Apr 2020 08:06
Last Modified: 14 Apr 2020 08:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item