MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD 081237 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2016/2017

MANULLANG, AYU PURNAMA, 1305030681 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD 081237 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (348kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (667kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanna pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar sisiwa melalui model pembelajaran Talking stick pada Pelajaran IPA kelas IV SD 081237 Sibolga. Penelitian ini dilaksanakan di SD 081237 Sibolga Tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 33 orang sisiwa. Objek dalam penelitian adalah pengguna Pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas IV SD 081237 Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes berbentuk essay. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pembelajaran Talking Stick pada siklus 1 hasil observasi guru 58 dan observasi siswa adalah 55.5 dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 20 orang siswa yang tuntas dengan persentae 60.6 % dan 13 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 39.4% dengan nilai rata-rata siklus 1 sebesar 67.03. Sedangkan pada siklus II, hasil observasi guru 79 % dan observasi siswa adalah 80 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 29 orang siswa yang tuntas persentase 87.87% dan 4 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 12.13 % dengan hasil nilai rata-rata siklus II sebesar 73,66. Dari data siklus I dan Siklus II peningkatan hasil observasi guru siklus I dan II diperoleh 36,20 % dan observasi siswa sebesar 44.14 %. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siklus I dan II sebesar 45% dan peningkatan hasil nilai rata-rata siklus I dan II sebesar 9.89 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Talking Stick pada materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD 081237 Sibolga dapat menimbulkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 02:23
Last Modified: 16 Apr 2020 02:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item