MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DI KELAS IV SD BUDI MURNI 7 MEDAN T.A 2016/2017

TOBING, GRACE APLIVANI APRITA LBN, 1405030579 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DI KELAS IV SD BUDI MURNI 7 MEDAN T.A 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (835kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (741kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SD Budi Murni 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Budi Murni 7 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 33 orang siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Media Audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perubahan Lingkungan Fisik. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes adalah essay. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I yang dilaksanakan tanggal 4 April 2017 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 11 April 2017. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitunilai59,4dengankategoriCukup. Sedangkan pada aktivitas siswa yaitu nilai 66 dengan kategori Cukup. Ketuntasan Hasil Belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu sesuai KKM yang ditetapkan yaitu 70, siswa yang tuntas 23 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 10 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 69,6% dan yang tidak tuntas 30,4%,Nilai rata – rata hasil belajar siswa siklus I yaitu 66,63. Hasil belajar siswa siklus I belum maksimal, dengan demikian maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 72,5 dengan kategori baik, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu nilai 76 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu siswa yang tuntas 29 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 4 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 87,8% dan yang tidak tuntas 12,2%, Nilai rata–rata hasil belajar siklus II yaitu 73,78. Dengan demikian dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Audiovisual pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan Fisik di Kelas IV SD Budi Murni 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Science, Audiovisual Media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Hartono S, M.PdNIP.195706191990031001UNSPECIFIED
Thesis advisorHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.PdNIDN.0112078003UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 02:39
Last Modified: 16 Apr 2020 02:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item