UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 055981 BERUAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SITEPU, DESI MONIKA BR, 1305030021 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 055981 BERUAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (838kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (747kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan jenisjenis gaya di kelas IV SDN 055981 Beruam Tahun Pelajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah IV SDN 055981 Beruam Tahun Pelajaran 2016/2017.. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 055981 Beru. Peceren yang berjumlah 23 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jenis-jenis gaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 58,8% (kriteria cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 72,5% (kriteria baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 66 (kriteria cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 84 (kriteria baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 15 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 20 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 65,22% dan untuk Siklus II yaitu 86,96%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 74,63 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 79,67. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPA dengan materi jenis-jenis gaya di kelas IV SDN 055981 Beruam Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcome, Cooperative Learning Model of Numbered Heads Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Tutiarny Naibaho, M.PdNIP.196803061992032003UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 02:44
Last Modified: 16 Apr 2020 02:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item