MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS V BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 101843 BANDAR BARU KECAMATAN SIBOLANGIT TAHUN AJARAN 2016/2017

BARUS, REGINA BR, 1405030589 (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS V BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 101843 BANDAR BARU KECAMATAN SIBOLANGIT TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (760kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (748kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelakasanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan “Model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis karangan deskripsi di kelas V SD Negeri 101843 Kecamatan Sibolangit Tahun Ajaran 2016/2017”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 101843 Bandar Baru Kecamatan Sibolangit. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101843 Bandar Baru Kecamatan Sibolangit. Objek penelitian ini adalah menggunakan model Contextual Teaching And Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis karangan deskripsi dan penilaian yang dilakukan ialah observasi dan penugasan menulis karangan deskripsi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis karangan deskripsi di kelas V SD Negeri 101843 Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Tahun Ajaran 2016/2017 pada siklus I didapat aktivitas guru 60% dan aktivitas siswa 66% dengan ketuntasan klasikal 73,08%, nilai ratarata 66,72% sedangkan pada siklus II, aktivitas guru 77% dan aktivitas siswa 86%, dengan ketuntasan klasikal 88,46%, nilai rata-rata 77,84. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran termasuk kedalam kategori baik. Hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis karangan deskripsi di kelas V SD Negeri 101843 Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Contextual Teaching and Learning (CTL) Model, Description Essays
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, M.PdNIDN.0127108307UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 02:50
Last Modified: 16 Apr 2020 02:50
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item