TARIGAN, PASKALIA, 1505030514 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SANTO DANIEL BATU MBELIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (911kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (11MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (813kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya hasil belajar siswa Kelas IV SD pada mata pelajaran IPA. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode demonstrasi yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Santo Daniel Batu Mbelin Tahun Pelajaran 20116/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Santo Daniel Batu Mbelin dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SD Santo Daniel Batu Mbelin yang berjumlah 48 orang siswa. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Sebagai objek adalah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Santo Daniel Batu Mbelin Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada Siklus I diperoleh observasi aktivitas guru 58.33%, observasi aktivitas siswa 60, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 32 orang dengan persentase 66.67%, sedangkan yang tidak tuntas 16 orang dengan persentase 33.33% dari 48 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 67.29. Karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada Siklus II hasil observasi aktivitas guru 72.25%, hasil observasi aktivitas siswa 78%, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 41 orang dengan persentase 85.41%, sedangkan yang tidak tuntas 7 orang dengan persentase 14.59% dari 48 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 75.83 Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran PA dengan pokok bahasan model perubahan energi di Kelas IV SD Santo Daniel Batu Mbelin Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Demonstration Method | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2020 03:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2020 03:09 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/644 |
Actions (login required)
View Item |