MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SANTO DANIEL BATU MBELIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

TARIGAN, PASKALIA, 1505030514 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SANTO DANIEL BATU MBELIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (911kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (813kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya hasil belajar siswa Kelas IV SD pada mata pelajaran IPA. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode demonstrasi yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Santo Daniel Batu Mbelin Tahun Pelajaran 20116/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Santo Daniel Batu Mbelin dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SD Santo Daniel Batu Mbelin yang berjumlah 48 orang siswa. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Sebagai objek adalah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Santo Daniel Batu Mbelin Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada Siklus I diperoleh observasi aktivitas guru 58.33%, observasi aktivitas siswa 60, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 32 orang dengan persentase 66.67%, sedangkan yang tidak tuntas 16 orang dengan persentase 33.33% dari 48 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 67.29. Karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada Siklus II hasil observasi aktivitas guru 72.25%, hasil observasi aktivitas siswa 78%, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 41 orang dengan persentase 85.41%, sedangkan yang tidak tuntas 7 orang dengan persentase 14.59% dari 48 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 75.83 Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran PA dengan pokok bahasan model perubahan energi di Kelas IV SD Santo Daniel Batu Mbelin Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 03:09
Last Modified: 16 Apr 2020 03:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item