UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS V SD NEGERI 060895 PADANG BULAN MEDAN T.A 2016/2017

LIMBONG, LIAKONTESA, 1305030637 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS V SD NEGERI 060895 PADANG BULAN MEDAN T.A 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (796kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (337kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya di kelas V SDNegeri 060895 Padang Bulan Medan T.A 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDNegeri 060895 Padang Bulan Medan T.A 2016/2017 berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essay. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 59,4% (kriteria cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 72,3% (kriteria baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 68(kriteria cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 86(kriteria baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 18 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 25 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 64,29% dan untuk Siklus II yaitu 89,29%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 73,75 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu83,75. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA dengan materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDNegeri 060895 Padang Bulan Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Cooperative learning model type Investigation Group, Natural Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorJoen Parningotan Purba, S.Pd., M.PdNIDN.0107118802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 03:15
Last Modified: 16 Apr 2020 03:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item