MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRAMATISASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD PARULIAN 3 MEDAN AMPLAS TAHUN AJARAN 2016/2017

MALAU, RINJELIANI, 1405030120 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRAMATISASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD PARULIAN 3 MEDAN AMPLAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (813kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (565kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan metode dramatisasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Parulian 3 Medan Amplas. Penelitian dilaksanakan di SD Parulian 3 Medan Amplas, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SD Parulian 3 Medan Amplas dengan jumlah siswa 27 orang dan objek penelitian penggunaan metode dramatisasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru (59,18%) dan siswa (62) pada siklus I masih cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 19 siswa dan 8 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 68. Presentase klasikal sebesar 70,38%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baik dengan nilai (76,54%) meningkat (17,36%), sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baik dengan nilai (74) meningkat (12). Siswa yang tuntas individu sebanyak 23 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan nilai rata-rata (79,19) meningkat (11,19%). Persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,19% dan meningkat (14,81%). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan kemampuan berbicara siswa meningkat setelah menggunakan metode dramatisasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Berbicara di Muka Umum di kelas V SD Parulian 3 Medan Amplas.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Ability Of the Speaking Students, Methods Dramatization
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorPindo Hutauruk, S.Pd., M.PdNIDN.0124018701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 03:21
Last Modified: 16 Apr 2020 03:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item