MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 055981 BERUAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SITEPU, MAWAR IDA AYU BR, 1305030135 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 055981 BERUAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (717kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (747kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi pesawat sederhana di kelas V SDN 055981 Beruam Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPA. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essai. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 59,7% (kategori cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 72,6% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 68 (kategori cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 86 (kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 14 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 7 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 18 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 66,7% dan untuk Siklus II yaitu 85,7%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 72,68 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 82,72. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPA dengan materi pesawat sederhana di kelas V SDN 055981 Beruam Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcome, Cooperative Learning Model of Numbered Heads Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorJainal B Togatorop, S.Pd., M.PdNIDN.0124028702UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 03:27
Last Modified: 16 Apr 2020 03:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item