MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI060895 PADANG BULAN TAHUN AJARAN 2016/2017

SITUMORANG, MEGAWATI, 1405030484 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI060895 PADANG BULAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (747kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (741kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peneltian ini berlokasi di SD Negeri 060895 Padang Bulan Medan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV dengan menggunakan model Talking Stick. Penelitian ini melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2017 sampai tanggal 6 April 2017. Penelitian pada siklus satu menunjukkan bahwa siswa yang tuntas 19 orang (67.86%) dan siswa yang tidak tuntas 9 orang (32.14%) dan rata-rata siswa diperoleh yaitu 68,06. Hasil observasi siklus satu pada aktivitas guru yaitu 60% dan aktivitas siswa 68, maka dapat dinyatakan hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa masih berkategori cukup sehingga perlu dilakukan siklus berikutnya pada siklus dua siswa yang tuntas hanya 25 orang (89.29%) dan siswa yang tidak tuntas 3 orang (10.71) dan rata-ratanya yaitu 77.24. Hasil observasi siklus dua pada aktivitas guru yaitu 78.2% dan aktivitas siswa yaitu 76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategori baik dan hasil belajar siswa sudah meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.PdNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorUlfah Sari Rezeki, S.Pd., M.PdNIDN.UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 03:33
Last Modified: 16 Apr 2020 03:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item