MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DI V SD NEGERI 056613 PANTAI GEMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RAHMALLAH, ADINDA SUCI, 1305030289 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DI V SD NEGERI 056613 PANTAI GEMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (391kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (565kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (329kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 056613 Pantai Gemi Tahun Pelajaran 20116/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 056613 Pantai Gemi dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri 056613 Pantai Gemi yang berjumlah 23 orang siswa. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2x35 menit. Sebagai objek adalah menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD pada mata pelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 056613 Pantai Gemi. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada Siklus I diperoleh observasi aktivitas guru 70%, observasi aktivitas siswa 67.30%, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 15 orang dengan persentase 65%, sedangkan yang tidak tuntas 8 orang dengan persentase 35% dari 23 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 67. Karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada Siklus II hasil observasi aktivitas guru 82%, hasil observasi aktivitas siswa 83%, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 20 orang dengan persentase 87%, sedangkan yang tidak tuntas 3 orang dengan persentase 13% dari 23 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 80. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Tipe STAD pada pembelajaran PKn pada materi organisasi di Kelas V SD Negeri 056613 Pantai Gemi Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD Method, Learing Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:43
Last Modified: 16 Apr 2020 06:43
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item