MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

TAMBUNAN, SISKA JULIANA, 1405030582 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (469kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (746kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (333kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 060937 Medan johor, dengan jumlah siswa 35 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), sedangkan alat pengumpul data yaitu Lembar observasi guru dan lembar observasi siswa serta tes. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 59,5 % meningkat menjadi 75,8 % pada siklus II, Aktivitas siswa diperoleh nilai 68 pada siklus I meningkat menjadi 80 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 74,29 % pada siklus meningkat menjadi 88,57 % pada siklus II, dan nilai rata-rata diperoleh nilai 59,47 pada siklus I meningkat menjadi 75,20 pada siklus II. Berdasarkan analisis data apat disimpulkan Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama di kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Model Type Numbered Heads Together (NHT), Math Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Tutiarny Naibaho, M.PdNIP.196803061992032003UNSPECIFIED
Thesis advisorDedi Holden Simbolon, M.SiNIDN.0103118701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:48
Last Modified: 16 Apr 2020 06:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item