UPAYAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 040570 TIGABINANGA T.A 2016/2017

PELAWI, EKA RIANTA BR, 1305030046 (2017) UPAYAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 040570 TIGABINANGA T.A 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (760kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (409kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran STAD (Student TeamsAchievement Divisions) pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat sederhana kelas V SDN 040570 Tigabinanga Kec. Tigabinanga Kab. Karo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Penelitian ini dilakukan di SDN 040570 Tigabinanga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 040570 Tigabinanga sebanyak 24 orang. Yang menjadi objek penelitian adalah model pembelajaran STAD dalam pelajaran IPA dengan pokok bahasan Pesawat Sederhana di kelas V SDN 040570 Tigabinanga Kec. Tigabinanga Kab. Karo T.A 2016/2017. Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalah Observasi dan Tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh nilai 59,7% atau berkategori cukup. Observasi guru pada siklus II memperoleh 72,3% atau berkategori baik. Observasi aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai 68 atau berkategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai 86 atau berkategori baik. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 16 siswa (66,7%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 8 siswa (33,3%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 63,42. Dari hasil analisis data pada siklus II diperoleh 21 siswa (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, 3 siswa (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata 71,81. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD pada pelajaran IPA di kelas V SDN 040570 Tigabinanga Kec. Tigabinanga Kab. Karo T.A 2016/2017 berkategori baik dan hasil belajar IPA meningkat setelah menggunakan model STAD pada pelajaran IPA di kelas V SDN 040570 Tigabinanga Kec. Tigabinanga Kab. Karo T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Model of STAD, Learning Outcome of Natural Sciences
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:52
Last Modified: 16 Apr 2020 06:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item