UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI INPRES 064022 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

PURBA, KHAIRUN NAJA, 1305030130 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI INPRES 064022 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (659kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (579kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (779kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (337kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model kooperatif tipe Jigsaw pada materi gaya magnet dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 064022 Simalingkar B Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Januari 2017 sampai bulan Februari 2017. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research )dan dilaksanakan selam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi/evaluasi. Teknik pengimpul data yang digunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada siklus I mencapai 59,40% dan aktivitas siswa 68 dengan kategori cukup. Pada siklus II pelaksanaan aktivitas guru meningkat menjadi 71% dan aktivitas siswa 84 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus diperoleh 71,43% dan meningkat pada siklus II 85,71%. Sedangkan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I dari 28 orang siswa sebesar 64 meningkat pada siklus II menjadi 71,07. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 064022 Jalan Bunga Rampai Simalingkar B Tahun Ajaran 2016/2017. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model koopreratif tipe jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Result Learning, The Type Cooperative Jigsaw Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, S.Pd., M.PdNIDN.0104048903UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:58
Last Modified: 16 Apr 2020 06:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item