UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 060895 P.BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

SIHOTANG, MELI HARTATI, 1305030100 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 060895 P.BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (561kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (412kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi perpindahan energy panas di kelas IV SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dengan materi perpindahan energi panas di kelas IV SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060895 P. Bulan Medan yang berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dengan materi perpindahan energi panas dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal test dalam bentuk essay. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 59,8% (kategori cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 72,5% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 68 (kategori cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 84 (kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 18 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 24 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 64,29% dan untuk Siklus II yaitu 85,71%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 68,78 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 78. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran eksperimen pada mata pelajaran IPA dengan materi perpindahan energi panas di kelas IV SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Experimental Learning Methods, Natural Sciences
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorJoen Parningotan Purba, S.Pd., M.PdNIDN.0107118802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 07:04
Last Modified: 16 Apr 2020 07:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item